Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Guru Terbaik Pada Sekolah SMK Swasta Wira Karya Mandiri Dengan Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR).

Authors

  • Rendy Syahputra UNiversitas Sam Ratulangi

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Metode VIKOR, Guru Terbaik , Visual Basic 2008

Abstract

Sekolah SMK Swasta Wira Karya Mandiri Tanjung Anom adalah salah satu sekolah di kabupaten Deli Serdang yang menghasilkan siswa/siswi dengan prestasi yang baik. Siswa/siswi dengan prestasi terbaik tentunya didukung dengan pengajaran yang baik dari guru atau pendidik yang mendidiknya. Untuk melaksanakan tugasnya secara professional, guru tidak hanya dituntut memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang kokoh sehingga dapat menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga, maupun masyarakat. Selaras dengan kebijaksanaan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin strategis untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global.  Untuk menentukan guru yang memiliki kinerja terbaik ditentukan dengan 5 kriteria, yaitu kedisiplinan, tanggung jawab, inisiatif, loyalitas, dan inovasi. Menentukan guru yang memiliki kinerja terbaik menggunakan salah satu bidang ilmu yaitu Sistem Pendukung Keputusan dan menggunakan metode VIKOR.  Dengan adanya aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dan Metode VIKOR dengan didukung aplikasi Visual Basic 2008 dan Microsoft Access 2007 maka sangat membantu pihak-pihak yang membutuhkan dengan cepat dapat menentukan guru yang memiliki kinerja terbaik pada sekolah SMK Swasta Wira Karya Mandiri Tanjung Selamat.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Rendy Syahputra. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Guru Terbaik Pada Sekolah SMK Swasta Wira Karya Mandiri Dengan Menggunakan Metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR). Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(2), 107–114. Retrieved from https://journal-siti.org/index.php/siti/article/view/220